3 Tips Bonding dengan Teman Kerja di Kantor, Mudah dan Ampuh!

Sumber ilustrasi: Pexels.com/Fauxels

Kita sudah seringkali mendengar frasa yang mengatakan bahwa manusia merupakan makhluk sosial. Manusia tidak bisa hidup sendiri, maka dari itu mereka perlu membangun relasi dengan orang lain dan bersosialisasi.

Dewasa ini teamwork atau kerjasama tim menjadi salah satu faktor penting yang menentukan hasil dalam dunia kerja. Tidak lagi seperti dulu, saat ini semakin banyak perusahaan-perusahaan yang membentuk tim-tim di bidang tertentu untuk meningkatkan efisiensi kerja.

Keberagaman budaya menjadi salah satu ciri khas dan kebanggaan negara kita. Perbedaan tersebut baik adanya, namun juga menjadi tantangan tersendiri dalam dunia kerja, khususnya dalam hal kerjasama tim.

Tentunya menyatukan banyak kepala menjadi satu tidak akan semudah itu. Dengan latar belakang, pengalaman dan keterampilan para anggota tim yang berbeda, tentu akan sulit menemukan jalan tengahnya. 

Maka dari itu tak jarang kita menemukan program khusus dalam dunia kerja yang mewajibkan adanya kegiatan bonding untuk membangun chemistry ataupun ikatan yang kuat antar anggota tim. Hal tersebut menjadi langkah ampuh yang kerap kali diterapkan oleh beberapa kantor dan juga tempat kerja lainnya.

Manfaat Bonding Dalam Dunia Kerja

Sumber ilustrasi: pexels.com/Fauxels

  1. Komunikasi Semakin Lancar

Komunikasi memiliki peran penting dalam kerjasama tim. Koneksi antar individu dapat terbentuk melalui komunikasi. Maka dari itu dengan adanya komunikasi yang baik, maka hubungan antar individu juga akan semakin baik.

Seperti halnya ketika tim dihadapkan dengan suatu masalah, maka disitulah komunikasi sangat diperlukan. Apabila para anggota tim memiliki keleluasaan dalam menyampaikan berkomunikasi dan menyampaikan pendapatnya, maka akan mempercepat penyelesaian masalah. 

  1. Meningkatkan Kekompakan Tim

Tentunya kekompakan tim juga menjadi pilar utama dalam mencapai target kerja. Semakin banyak waktu yang dihabiskan bersama teman satu tim  maka akan semakin kuat hubungan mereka. Dengan hal itu maka masing-masing anggota akan lebih mengerti satu sama lain.

 

Apabila memiliki kekompakan yang kuat, pekerjaan tim akan lebih efisien dari segala sisi. Hal tersebut dikarenakan masing-masing anggota sudah paham akan kelebihan dan kekurangan mereka sendiri. 

  1. Mempererat Kebersamaan Didalam dan Diluar Jam Kerja

Interaksi anggota diluar jam kerja tentunya tidak akan se-intens saat berada di jam kerja. Kebersamaan ini juga merupakan hasil dari adanya kekompakan dan komunikasi yang baik dalam tim. 

Semakin dekat hubungan anggota tim maka akan semakin leluasa untuk berkomunikasi. Ketika berhadapan dengan perbedaan pendapat, masalah finansial ataupun problematika pekerjaan lainnya dapat dengan damai diselesaikan. Tentunya didasari dengan rasa hormat satu sama lain.


Apa saja yang biasa dilakukan dalam kegiatan bonding team?

Sumber ilustrasi: pexels.com/KoolShooters

  1. Menghabiskan Waktu Bersama

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperkuat ikatan dengan teman kerja, salah satunya adalah dengan banyak menghabiskan waktu bersama. Kalian bisa mencari waktu di akhir pekan  ataupun hari libur lainnya untuk mengadakan kumpul-kumpul bersama.

  1. Games dan Outbound

Nah saat sedang berkumpul bersama bermain games bisa jadi salah satu kegiatan yang akan memperkuat bonding pada tim. Kalian bisa bermain kartu, mobile game, tebak-tebakan dan masih banyak lagi. Kalian juga bisa melakukan outbound bersama di ruangan terbuka (outdoor).

  1. Sharing

Dalam bekerja tidak jarang ada perasaan dan kegelisahan yang dimiliki oleh anggota tim, maka dari itu kegiatan sharing menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan. Tidak hanya seputar kegelisahan, tapi kalian juga bisa berbagi pengalaman pribadi, cerita, dan lainnya. Tentunya dengan tetap menghormati satu sama lain.

Gimana nih? Sampai disini sudah paham kan mengenai pentingnya bonding team dalam dunia kerja? Nah kalian gak perlu ribet nyari tempat untuk bonding team, Dios siap membantu agar kalian semakin solid! 



 

.